Pages

Tuesday, January 3, 2012

Tutorial Membuat Robot Kura Kura Mistis Menggunakan Blender 2.49

Before Coloring
 
a.     Bagian Modeling
  1. Pertama-tama saat jendela awal tampil maka akan tampak sebuah objek cube,yang mana akan kita buat bentuk memanjang dengan shortcut S+Z,dan S+X

  1. Setelah itu select object lalu tekan TAB untuk menuju ke editmode,lalu pilih edge belakang pada cube tersebut lalu angkat atau naikan edge-nya .

  1. Selanjutnya adalah add objek mesh lalu pilih UVsphere,setelah tampak objeknya size kembali dengan shortcut-shortcut S.bentuk agak pipih untuk membentuk badan dari robot tersebut.

  1. Lalu kembali tambah objek dengan add mesh lalu pilih Cylinder untuk membentuk leher dari robot tersebut.rotate Cylinder tersebut agak miring dengan shortcut R+Z,dan satukan dengan objek cube dan UVSphere yang tadi dibuat.

  1. Selanjutnya adalah pembuatan kaki-kaki pada robot ini,yaitu dengan menambahkan objek mesh yang berupa Plane.lalu tekan tombol TAB untuk edit mode lalu tekan E untuk extrude objek tersebut.pertama extrude sedikit ke atas objeknya lalu size extrudenya agar agak menyempit lalu tarik kembali ke atas untuk membentuk kaki-kaki yang bagus

  1. Lalu langkah selanjutnya putar objek kaki untuk manyatukannya dengan objek badan(UV sphere).

  1. Pada robot ini memiliki empat kaki,untuk membuat sisa kaki yang belum jadi bisa dengan men-duplicate kan kaki yang tadi sudah selesai dibuat dengan shortcut  SHIFT+D,lalu tinggal kita cocokan saja antar sisi kaki-kakinya agar terlihat seimbang dan jangan lupa satukan dengan objek badannya

  1. Langkah selanjutnya adalah membuat buntut dari robot ini dengan menambahkan objek mesh yaitu Circle.lalu tekan TAB untuk edit modenya lalu tekan kembali shortcut E untuk mengextrude objek.tarik keatas sisi-sisi dari circle lalu lakukan size agak mengecil untuk pangkal buntutnya.lalu extrude kembali agak miring ke atas agar buntuk tidak terlalu kaku,dan satukan objek buntut dengan badan robot tersebut.

  1. Lalu selanjutnya adalah membuat duri-duri dibadan robot tersebut dengan menambah objek mesh yaitu Cone atau yang berbentuk kerucut,tempelkan sembarang pada objek badan robot.

  1. Lalu duplicate objek Cone untuk memperbanyak duri dari robot tersebut dengan menekan shortcut SHIFT+D dan letakan sembarang diatas objek badan robot.

  1. Selanjutnya adalah membuat senjata tembakan untuk robot yang mana dengan menggunakan 2 objek Cube yang telah di extrude sedemikian rupa sehingga cocok untuk disatukan di objek kepala robot.

  1. Selanjutnya adalah untuk membentuk selongsong senjata digunakan objek Cylinder yang di size ulang sehingga bentuknya memanjang.lalu extrude sedikit  vertex yang berada diujung cylinder tersebut.

  1. Pada robot ini memiliki dua senjata yang mana senjatanya hanya diduplicate dari yang sudah jadi dengan memilih objek-objejnya dengan tombol SHIFT+klik kiri lalu setelah itu mulai menduplicate dengan shortcut SHIFT+D.

  1. Pada langkah selanjutnya adalah membuat mata dan mulut pada robot dengan menambah dua objek yaitu UVSPHERE untuk mata dan TORUS untuk mulutnya.pertama pipihkan objek UVSPHERE agar mata terlihat agak sipit dan garang lalu rotate miring matanya lalu tempelkan pada objek kepala robot.selanjutnya duplicate mata tersebut dengan SHIFT+D.lalu untuk objek TORUS atau mulut hanya memerlukan size secukupnya lalu tempelkan pada objek kepala robot.

Setelah itu kita lakukan render dengan cara tekan tombol F12 pada keyboard, maka objek akan seperti gambar dibawah ini :

demikian tutorialnya, selamat mencoba ^^ v

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

No comments:

Post a Comment